Subhanallah, Inilah Bukti Kebesaran Allah!! Al Quran Berusia 500 Tahun ini Tetap Utuh Meski Rumah Pemiliknya Hangus Tak Bersisa!



9Trendingtopic - Kalau sedang pergi ke Ternate , tak ada salahnya untuk berkunjung ke Kabupaten Alor. Ada sebuah desa bernama Alor Besar, desa pesisir ini berada sekitar 30km dari Kota Kalabahi, disana anda bisa berkunjung ke rumah milik keturunan Iang Gogo, penyebar agama Islam yang berasal dari Ternate Maluku Utara.

Di sini, tersimpan sebuah Al Quran kuno yang diyakini sudah berusia 5 abad.
Kitab suci ini terbuat dari kulit kayu.
Masih nampak utuh dan dapat dibaca, meski ada beberapa bagian yang mulai koyak termakan usia.
Al Quran ini dibawa ke Alor sekitar tahun 1518 dan selama ini disimpan di dalam kotak kaca.
Ini bukan buat disakralkan, tapi demi untuk menghindari sentuhan para pengunjung yang datang melihatnya.

Maklum, ada kekhawatiran Quran akan rusak bila terlalu banyak dipegang.
Nurdin Gogo, penjaga rumah yang merupakan keturunan ke-14 dari Iang Gogo, mengatakan, tak sembarang orang diizinkan memegangnya.
Kalau pun anda dapat izin, anda wajib berwudlu dulu.
"Para pengunjung maunya menyentuh jadi khawatir rusak, jadi kami batasi saja hanya untuk orang tertentu yang punya kepentingan khusus untuk meneliti misalnya, dan itu pun harus berwudhu dulu," kata dia.

Yang hebat, Quran ini bisa bertahan meski tanpa sedikit pun zat kimia untuk mengawetkannya.
"Kami tidak berani memakai bahan pengawet atau sejenisnya, karena khawatir malah justru akan merusak Alquran tersebut," jelas Nurdin, sebagaimana dikutip dari BBC.
Al Quran ini kata dia, hanya dapat diwariskan kepada anak laki-laki pertama dari garis keturunan Iang Gogo.
Sayang, warga lokal saja tak banyak yang mengetahui tentang sejarah Al Quran kuno ini.

Tak Terbakar
Al Quran ini masih lengkap, berisi 30 juz atau 114 surat.
Isinya ditulis menggunakan tinta berwarna hitam dan merah.
Kotak kayu tua untuk menyimpan Alquran ini juga masih utuh.
"Ada beberapa yang datang untuk melihat, yang meneliti sudah ada tapi saya belum mengetahui seperti apa hasilnya," jelas Nurdin.

Dia mengatakan sejumlah kalangan menyebut Alquran ini berasal dari Timur Tengah, dan ditulis pada zaman Nabi Muhamad SAW.
Benar atau tidaknya, Nurdin tak tahu.
"Itu mereka yang mengatakan itu, tetapi saya hanya menceritakan apa yang saya tahu dari cerita kakek moyang saya jika Al Quran ini berasal dari Ternate," jelas Nurdin.
"Bahannya itu dari kulit kayu, nah kayu dan tinta jenis apa itu juga saya tidak tahu."
Ada cerita menarik mengikuti Al Quran ini.
Pada 1982 lalu, rumah lan Gogo terbakar habis.
"Semua benda peninggalan leluhur hangus ketika rumah ini terbakar, tetapi hanya Alquran yang berhasil diselamatkan, tidak terbakar api ketika itu," ungkap Nurdin.

Bagaimana menurut anda??semoga artikel ini bermanfaat..

sumber: bangka.tribunnews.com

Ia Hanya Seorang Petani Miskin yang Hidup Bersama Putra dan Seekor Kudanya... Namun Kerendahan Hatinya Harus Kita Tiru!!


9Trendingtopic - Kisah ini hanya ilustrasi, semoga kita bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Selamat membaca :

Ada seorang petani miskin hidup dengan bersama puteranya. Mereka hanya memiliki seekor kuda kurus yang membantu menggarap ladang milik mereka. Pada suatu hari, entah apa penyebabnya, tiba-tiba kuda petani lari begitu saja dari kandang menuju ke hutan. Para tetangga yang mengetahui berita itu cuman bisa berkata, “Sungguh malang nasibmu, Pak Tani..” Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”
Beberapa hari kemudian, ternyata kuda petani kembali ke kandangnya. Namun ia tidak sendiri, karena ada seekor kuda liar yang mengikutinya. Para tetangga yang melihat peristiwa itu berkata, “Wah..sungguh beruntung nasibmu Pak Tani, bukan saja kudamu sudah kembali, tapi sekarang kau mempunyai 2 ekor kuda.” Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”
Keesokan harinya, putera pak Tani dengan penuh semangat berusaha menjinakkan kuda barunya. Namun, ternyata kuda tersebut terlalu kuat untuk dikendalikan, sehingga pemuda itu jatuh dan patah kakinya.
Para tetangga yang melihat peristiwa itu berkata, “Wahai Pak tani, sungguh malang nasibmu!” Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”
Putera pak Tani hanya bisa terbaring dengan kaki terbalut untuk menyembuhkan patah kakinya. Perlu waktu yang lama hingga tulangnya yang patah sembuh kembali. Tak lama kemudian, datanglah Panglima Perang kerajaan ke desa itu. Dan memerintahkan seluruh pemuda untuk bergabung menjadi pasukan raja untuk bertempur melawan musuh kerajaan. Seluruh pemuda pun wajib bergabung, kecuali yang sakit dan cacat. Anak pak Tani pun tidak harus berperang karena ia masih belum bisa berjalan dengan baik.
Orang-orang di kampung berurai air mata melepas putera-puteranya bertempur, dan berkata, “Wahai Pak tani, sungguh beruntung nasibmu!” Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”

hikmah dari kisah di atas
Kisah petani di atas yang telah menunjukkan kerendahan hatinya, harus kita teladani. Si Petani tidak begitu saja menyalahkan keadaan ketika dia kehilangan kuda atau pada saat anaknya jatuh dan patah kakinya. Ia pun tidak melakukan sesuatu yang berlebihan ketika mendapatkan tambahan kuda liar atau ketika anaknya tidak ikut ke medan perang.
Terkadang dalam hidup ini, kita terlalu cepat mengambil kesimpulan akan suatu peristiwa yang telah terjadi. Padahal belum tentu kesimpulan itu benar adanya. Terkadang malah kita bisa mendapatkan hikmah pembelajaran di balik masalah yang kita hadapi. Jadi mulai sekarang, marilah kita tetap menjaga pikiran positif meski masalah yang kita hadapi saat ini sangatlah sulit, karena di belakang itu semua, pastilah akan membuat kita semakin kuat dan lebih bijaksana.

semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca

Innalillahi.. Pemuda Itu Tak Sempat Jalani Ramadhan Tahun Ini Lantaran Powerbank Ajalnya pun Datang Menjemput



9Trendingtopic - Sehari sebelum masuk Ramadan, Syamirul Armizie Adenan  meninggal dunia dalam kondisi cukup tragis. Ia tewas setelah tersetrum ponsel yang sedang dicharge menggunakan powerbank. Peristiwa naas ini terjadi di Bukit Baru, Malaysia, 26 Mei 2017.

Syamirul Armizie Adenan (19), ditemui sudah dalam kondisi meninggal dunia oleh ibunya Suriah Rahim (48), pada pukul 8.10.

Kulit bahu kiri Syamirul dalam kondisi lecet.

Awalnya, Suriah Rahim curiga karena ia mengetuk pintu dan tak lekas mendapat jawaban oleh anaknya itu.

Kemudian, Rahim membuka kamar itu dengan kunci cadangan.

"Setelah pintu dibuka, korban ditemui dalam kondisi terbaring sambil mengenakan earphone yang disambungkan ke ponsel. Nah ponsel itu dalam kondisi diisi powerbank," ujar juru bicara polisi, Asisten Komisioner Kamaluddin Kassim.

Ibu Syamirul, yang seorang perawat rumah sakit, mulai melihat ada yang tak beres setelah lihat luka di bahu anaknya.

Ia menggerakkan bada Syamirul, dan seketika tahu kalau anaknya itu sudah tak bernyawa.

Menurut ibu Syamirul, di bawah bahu Syamirul yang terluka itu, ada powerbank.

Rumah sakit pun membuat kesimpulan bahwa Syamirul tewas akibat tersetrum.

Nah, punya kebiasaan tidur sambil meninggalkan ponsel terisi powerbank?

Mulai sekarang berhati-hatilah, nasib naas yang menimpa Syamirul, hendaknya kita jadikan pelajaran bersama.

sumber: sebarkanberita.com

Mulai Sekarang Jangan Pernah Mencuci Telur yang Ada Bercak Kotorannya, Kalau Tak Mau Terkena Resikonya!!




9Trendingtopic - Kebanyakan orang akan menyimpan telur ke dalam kulkas agar lebih awet. Namun sebelumnya menyikat serta membersihkan telur dengan sabun hingga bersih terlebih dahulu. Padahal ini membuat telur jadi begitu mudah tercemar oleh bakteri. Baiknya bersihkan telur dan langsung masak jangan disimpan dalam kulkas. Telur Mentah Mengandung “Protective Bloom”

“Protective Bloom” yaitu perlindunga alami yang Allah buat pada telur ayam membuat perlindungan telur dari bakteri Salmonella. Lapisan ini dapat yang melindungi anak ayam dalam telur dari terinfeksi bakteri Salmonella ini. Apabila kita mecuci telur (telah dicuci sabun, disikat juga), pori­pori pada kulit telur menjadi terbuka, hingga rawan tercemar bakteri.

Kita mungkin tidak dapat melihat pori­pori itu, tetapi dengan membersihkan kulit telur itu, akan mempermudah isi telur rawan terinfeksi bakteri Salmonella Bahkan, di Inggris dan Uni Eropa, mereka melarang telur yang sudah dicuci untuk di jual.

Namun karena banyak orang­orang yang skeptis dengan telur yang ada kotoran ayam atau telur terlihat kotor, jadi mereka bersihkan telur itu dan menyemprotnya lagi dengan lapisan lain untuk menghalangi bakteri masuk.

Sebab itu ada telur yang terlihat begitu bersih serta mengkilap di supermarket. Apakah bakteri Salmonella itu? Salmonella yaitu semacam bakteri jahat yang terkadang ada di dalam makanan termasuk ayam, tomat, guacamole, kacang tanah serta ada juga pada makanan hewan. Habitat yang subur untuk bakteri ini yaitu di dalam usus hewan serta manusia yang dapat membawa dampak keracunan makanan.

Apabila terkena penyakit yang karena oleh bakteri Salmonella ini, resikonya mungkin saja saja menyebabkan kematian. Namun demikian, kita dapat melindungi diri kita dari terserang infeksi dari bakteri jahat ini dengan melindungi kebersihan. Dari manakah Bakteri Salmonella bersumber?

Bakteri Salmonella bersumber dari makanan yang berasal dari hewan seperti daging, susu, ayam, produk susu, telur serta makanan laut, juga beberapa jenis sayur serta buah­buahan. Oleh karena itu, kita tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang 1/2 masak atau tidak dimasak sepenuhnya. Praktik memakan telur 1/2 masak yang kerap jadi menu sarapan di restoran­restoran yakni makanan yang kurang baik karena kesempatan untuk tercemar bakteri Salmonella begitu tinggi dan ini di kuatirkan akan mengakibatkan keracunan makanan pada pelanggan.

Memasak serta bersihkan bahan makanan dapat memberantas Salmonella? Memasak dengan sempurna dapat membunuh bakteri Salmonella. Meski mencuci serta membersihkan buah yakni kebiasaan yang baik sebelumnya menyantapnya, tetapi ini akan tidak dapat memberantas Salmonella terlebih waktu tengah mewabah.

Apabila ada peringatan dari Kementerian kesehatan untuk tidak mengonsumsi suatu hal makanan yang miliki potensi terkontaminasi, jadi yaitu lebih baik tidak untuk makan makanan itu baik dimasak atau tidak. Jadi gunakan segera telur yang sudah dicuci, bukan simpan dalam lemari es dahulu.

Jauhi Telur Yang Pecah Dan Kotor Bakteri dari kotoran ayam dari kulit telur dapat masuk melalui celah telur yang bahkan juga retakan itu terlihat tidak penting. Tengah ini sangat bahaya jika bakteri itu sudah masuk kedalam telur Infeksi penyakit akan kemungkinan begitu parah. Jadi telur yang terlihat retak memanglah tidak dapat dipakai walaupunpu terlihat baik­baik saja.

Bagaimana tentukan serta menyimpan Telur ?


– Tentukan telur yang utuh serta tidak retak.
– Jauhi beli telur yang tidak ada tanggal kedaluwarsanya, Terkecuali Anda meyakini apabila penjual selalu beli telur­telur yang masihlah segar.
– Telur yang lebih besar memiliki kulit yang lebih tipis di banding telur kecil. Jadi kulit telur yang tipis lebih besar peluang untuk retak serta rawan pada bakteri.
– Apabila ada telur yang kotor serta retak, mencucinya juga tidak membuatnya lebih aman. Lebih aman dibuang.
– Janganlah bersihkan telur serta menyimpannya. Ketika telur dicuci, segera gunakan dan dimasak.
Sebab kulit telur yang dicuci bukan hanya hilang susunan Protective Bloomnya. Bahkan juga ketika bersihkan, pori­pori pada kulit telur jadi lembab, sampai bakteri lebih suka di sana.
– Taruh telur dalam wadah, tanpa ada dicuci serta simpan dalam lemari es. Yakinkan semua makanan yang ada dalam lemari es harus ditutup rapat.
– Karena kulit telur berpori­pori halus, makanan yang kuat baunya (seperti durian) dapat mencemari telur. Karenanya lebih aman tempatkan telur dalam wadah aslinya.
– Alasan mengapa terserang menempatkan telur dalam wadah aslinya yaitu ada tanggal “best before” pada wadah itu. Tanpa wadah aslinya, kita tidak tahu tanggal kadaluarsa telur­telur itu.
– Tanda tanggal “best before”/kadaluarsa yang tertera pada paket telur itu berarti baik dalam kondisi telur itu disimpan dalam lemari es. Apabila tidak menyimpannya dalam lemari es, sebaiknya digunakan lebih awal dari tanggal kadaluarsanya.
– Simpan telur dibagian dalam lemari es, tidaklah di sisi pintu lemari es. Sebab pintu akan kerap
dibuka­tutup, jadi akan ada banyak perubahan suhu disitu. Ini tidak bagus untuk telur

semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca..

sumber:wajibbaca.com

Kalaulah Istri Sakiti Hati Suami, Maka Durhakalah. Namun Bagaimana Bila Sang Suami Menyakiti Hati Istri?



9Trendingtopic - Bagaimana jika suami menyakiti hati istrinya? Tentu ia berdosa, namun tak ada istilah suami durhaka terhadap istri, namun hati-hati karena suami ditandai Malaikat sebagai suami yang durhaka kepada Allah.

1 Ingat karena istri, rezekimu bertambah.
2 Karena istri, maka lahirlah anak-anakmu.
3 Karena istri, makan dan pakaianmu terjaga.
4 Karena istri, tenang hatimu.
5 Karena istri, lembut pandangan matamu.

Karena istri adalah belahan jiwa yang melihat cacat celamu yang tersembunyi dari pandangan matamu dan dia masih menerimamu karena cintanya..

Oleh sebab itu janganlah menyakiti hati mereka, ingatlah setiap pengorbanan mereka walaupun kecil dimatamu, baginya besar..

Setiap peluh yang menetes untuk keluarganya, Setiap airmata yang menetes untuk anak-anak dan suaminya adalah salah satu tanda bahwa dia adalah istri yang terbaik buat anda wahai saudaraku yang bergelar suami.

Terbersit tanya di hati "Mengapa wanita sering menangis?"

Karena wanita itu unik.

Allah ciptakan ia sebagai makhluk istimewa..
Allah kuatkan bahunya untuk menjaga anak-anaknya,
Allah lembutkan hatinya untuk memberi rasa aman,
Allah kuatkan rahimnya utk menyimpan benih manusia,
Allah teguhkan peribadinya untuk terus berjuang saat yang lain menyerah,
Allah beri dia naluri untuk tetap menyayangi, walau dikhianati oleh teman bahkan walaupun disakiti oleh orang yang dia sayangi..


Wanita makhluk kuat, Jika suatu saat dia menangis itu karena Allah memberi air mata untuk membasuh luka hatinya dan memberi kekuatan baru.

Sungguh..Wanita itu sangatlah istimewa, Bagikan artikel ini agar para lelaki menghargai wanita dan agar tau bahwa wanita.. ciptaan Allah yang istimewa...

semoga bermanfaat..

sumber: wajibbaca.com

Saudaraku Seiman... Mungkin Kita Sudah Ada di Penghujung Dunia!! Amal Apa yang Kau Siapkan..




9Trendingtopic - Berdasarkan penelitian sains, bahwasanya kini di jazirah arab termasuk di tabuk, Palestina hingga di gurun sahara mulai dipenuhi tumbuhan hijau dengan pasca turunnya hujan salju.

Kota Mekkah Dan Madinah Mulai Turun Salju, Rasulullah Benar Soal Tanda Kiamat
“Hari Akhir tidak akan datang kepada kita sampai dataran Arab sekali lagi menjadi dataran berpadang rumput dan dipenuhi dengan sungai-sungai (HR Muslim)

“Berdasarkan penelitian Profesor Alfred Kroner, seorang ahli geologi terkemuka dunia, dari Department Ilmu Bumi, Institut Geosciences, Johannes Gutenburg University, Mainz, Germany - dia mengatakan bahwa Era Salju Baru (New Snow Age) saat ini telah dimulai, sekarang salju di kutub Utara sedang merangkak/bergeser perlahan-lahan ke arah Semenanjung Arab, pada saat itu iklim dataran Arab berubah dan menjadi salah satu daerah yang paling subur dan hijau di muka bumi. Ini merupakan fakta sains yang tidak bisa dibantah.

Syaikh Syuraim - Imam Masjidil Haram mengatakan, salju merupakan komponen utama dalam pembentukan sungai dan tumbuhan. Berjatuhannya salju di Jazirah Arab membuktikan kebenaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda, “Hari Kiamat baru akan datang setelah negeri Arab kembali menjadi padang yang hijau dan sungai-sungai.”Beliau juga menyebutkan bahwa baru-baru ini salju telah turun di daerah Tabuk. Hal itu mengingatkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Muadz saat perang Tabuk, “Kalau umurmu panjang, maka engkau akan melihat tempat ini penuh dengan kebun-kebun.”

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi perhatian kita semua. Silahkan dibagikan agar makin banyak orang yang tahu. Indahnya saling berbagi ilmu yang bermanfaat, karena kebaikannya akan terus berlipat dan pahalanya akan terus mengalir sampai kita meninggal kelak

sumber: lampuislam.id

Ayah Ini Meninggalkan Anak Laki-Lakinya Umur 5 Tahun Sendirian di Rumah, Ketika Pulang.. Pemandangan Mengejutkan di Depannya Membuatnya Menyesal Seumur Hidup !!



9Trendingtopic - Tingkah anak-anak terkadang memang sulit diterima akal orang dewasa. Wajar, anak-anak belum tahu yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Karena itulah, para orang tua sebaiknya tak membiarkan anaknya sendirian di rumah, hal ini untuk menghindari sesuatu yang tak kita inginkan terjadi.

Seperti yang dialami seorang ayah bernama Gao asal China ini yang harus menerima kenyataan pahit  akibat apa yang telah diperbuat oleh anak laki-lakinya yang berumur 5 tahun.

Sang ayah harus kehilangan uang bernilai besar yang telah dikumpulkannya untuk disetorkan ke bank. Uang itu sudah dirobek-robek jadi beberapa bagian, alias tidak akan berguna lagi.



Dan ternyata, sang anak yang merobek uang yang telah dikumpulkan ayahnya itu. Mengejutkannya lagi jumlah uang yang dirobek sang anak senilai 5.500 yuan atau setara dengan Rp 96 juta.

Kejadian tersebut berawal ketika sang ayah meninggalkan anaknya tersebut di rumah, dan anaknya tersebut menemukan uang simpanan ayahnya yang kemudian dirobeknya hingga tak berwujud lagi.

Gao terkejut dengan hal tersebut, namun ia tidak bisa menyalahkan anaknya karena ia sadar jika anak-anak tidak tau apa yang diperbuatnya. Gao pun berusaha untuk menyetorkannya ke bank namun uang tersebut tidak diterima oleh pihak bank.

jadi pelajaran bagi kita semua, selalu awasi anak kita, karena tingkah polos anak bisa membawa sengsara dan kita tak bisa menyalahkannya..

sumber: wowmenariknya.com

Video Tutorial Make Up Ala Cewek Over Kapasitas Ini Ditonton Hingga Ratusan Ribu Orang !! Hasil Akhirnya Sangat Mengejutkan !! (Semoga Bisa Memberi Pencerahan Bagi Kamu)



9Trendingtopic - Walaupun memiliki bentuk tubuh yang kelewat batas, cewek asal Thailand ini tak gentar dan lantas kehilangan rasa kepercayaan dirinya. Nama channelnya ialah 'Nong FEHFI Tichanan'. Nong memposting satu video tentang tutorial make-up, di luar dugaan, video tersebut jadi viral, netizen gempar dan terkejut, karena hasil akhirnya sungguh diluar dugaan

Bentuk wajah Nong mungkin memang lebih berbeda dari para beauty vlogger lain, ia memiliki pipi yang sangat "tembem", kira- kira setelah dimake-up, hasilnya akan menjadi seperti apa ya?

Pertama- tama, ia mengajari dulu cara mengaplikasikan foundation.



Setelah itu, ia pun mulai mengajarkan cara make-up secara keseluruhan langkah demi langkah.



Proses pengaplikasian make-upnya yang begitu teliti pun membuat para netizen semakin penasaran dengan hasil akhirnya!


Wah, tampaknya make-upnya lumayan tebal nih..

Tapi yah, ternyata hasil akhirnya cukup mengejutkan..

Udah siap melihatnya?

Tadaaa.

Ternyata mukanya gak ada bedanya ...

Banyak netizen yang mengaku tertipu dengan berbagai langkah ribet di depannya.

"Udah nunggu, udah sabar nontonnya, ehh...hasilnya sama aja kayak gak pake make-up!"

Hahaha, namun ada juga netizen yang memuji kalau mata Nong terlihat lebih indah.

Sebenarnya yang bisa membuat Nong terkenal adalah kepercayaan dirinya. Bagaimana pun bentuk wajah dan tubuhmu, asal kamu pede, kecantikanmu juga akan terpancar kok!

apapun kondisi kamu.. tetap percaya dirilah.. karena itu menentukan masa depanmu... :)

Sumber: Youtube / cerpen.co.id

Ia Keheranan Lihat Bocah Loncat ke Sungai Hitam yang Bau dan Kotor Ini, Namun Saat Tau Alasan Dibaliknya... Betapa Tragisnya!!



9Trendingtopic - Sungai Gangga merupakan sungai yang sangat suci di India, hanya saja tingkat pencemarannya sangatlah parah, pemandangan yang menjijikan bikin orang mual dan ingin muntah waktu melihatnya. Dalam tiap tahunnya, lebih dari 1,5 juta jiwa yang sakit karena tercemar Sungai Gangga.
 
Tapi siapa sangka, ada seorang anak di Kota Kolkata, India, yang rela menyelam ke dalam Sungai Gangga tersebut. Semua warga sekitar sangat heran melihat aksi anak ini, sudah jelas- jelas air sungai sangat keruh dan kotor, mengapa ia masih mau melompat ke dalamnya?
 
Ternyata, setelah diperhatikan, di Kolkata ada sekitar 100 anak kecil yang menyelam ke dalam Sungai Gangga untuk mencari uang koin. Uang koin ini adalah uang yang dilempar ke dalam sungai suci oleh warga dan turis.
  
Ya, penghasilan anak- anak ini bergantung pada uang koin tersebut…

Demi bisa mendapatkan uang, anak- anak ini rela melompat dan menyelam ke dalam sungai penuh kuman tersebut..
 
Setiap harinya mereka bisa mengumpulkan koin sampai 1-10 USD. ( Kira- kira 13 ribu- 130 ribu rupiah)
 
Memang jumlah koin yang dikumpulkan tidak seberapa, tapi mereka satu keluarga hidup dari penghasilan ini!
 
Sungguh sebuah kejadian yang begitu tragis. Demi hidup, para warga miskin, bahkan anak kecil sampai harus masuk ke dalam sungai kotor yang penuh kuman penyakit! Pemerintah di sana pun tidak sanggup memperhatikan rakyat- rakyat kecil ini…

Mari kita sama- sama doakan para warga dan anak- anak kecil di India, khususnya warga sekitar Sungai Gangga, agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan dan hidup lebih layak.

semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca..

sumber: cerpen.co.id