Udah Tampil "Modis Dan Trendy" Tapi Cowok Pada "Ngacir" Karena Kamu Bau, Inilah 5 Penyebab Bau Badan Pada Wanita,Nomer 2 Sering Gak Diperhatiin.

Udah Tampil "Modis Dan Trendy" Tapi Cowok Pada "Ngacir" Karena Kamu Bau, Inilah 5 Penyebab Bau Badan Pada Wanita,Nomer 2 Sering Gak Diperhatiin.

loading...
loading...

9Trendingtopic - Bau badan memang jadi hal paling mengerikan buat kaum hawa. Selain buat orang lain jadi gak nyaman, rasa minder kita pun melonjak tajam. Ada banyak penyebab bau badan selain harus menjaga kebersihan tubuh jika kamu tak mau mendapat masalah bau badan.

Ternyata nih, ada banyak faktor penyebab bau badan yang terkadang tidak kamu sadari. Yuk, cari tahu apa saja penyebab bau badan agar bisa kamu waspadai mulai dari sekarang!

1. Aktivitas Berlebih

Saat melakukan aktivitas fisik yang melelahkan, secara normal tubuh akan mengeluarkan keringat. Nah, sebenarnya berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan diri. Ketika suhu tubuh naik, jutaan kelenjar keringat akan diaktifkan dan keluar melalui pori-pori. Saat keringat menguap, suhu tubuh pun akan mendingin. Itu sebabnya kamu tidak bisa mencegah keringat keluar di saat udara panas. Pada dasarnya, keringat itu tidak berbau dan berwarna lho. Bau yang dihasilkan merupakan kontribusi dari bakteri yang menyerap keringat di tubuh. Supaya tubuh kamu tetap terjaga keharumannya, usahakan untuk menggunakan deodoran anti-perspirant sebelum beraktivitas. Kenakan juga pakaian yang menyerap keringat saat beraktivitas fisik seperti olahraga, ya.

2. Makanan & Minuman yang Dikonsumsi

Tidak hanya aktivitas fisik, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang jadi pemicu timbulnya keringat dan bau badan, seperti daging merah, makanan yang mengandung kolin seperti hati ikan dan telur, bawang, alkohol, kafein, dan produk olahan susu. Saat kamu mengonsumsi berbagai produk tersebut, suhu tubuh akan meningkat dan memicu timbulnya keringat. Bakteri alami yang ada di tubuh akan menyerapnya dan melepaskan bau badan tak sedap. Untuk mencegah bau badan, sebaiknya hindari jenis makanan tersebut dan usahakan tubuh tidak kekurangan cairan saat kamu mengonsumsi alkohol.

3. Hormon

Bagi wanita, hormon juga punya pengaruh terhadap timbulnya bau badan, terutama saat memasuki masa menstruasi. Kondisi hormon yang tidak menentu dapat berpengaruh pada keringat dan kemampuan dalam mengatasi suhu tubuh. Selain di area reproduksi, bagian tubuh lain juga dapat menimbulkan bau badan tak sedap. Jadi pastikan untuk selalu jaga kebersihan tubuh kamu terutama saat menstruasi. Caranya dengan rutin mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali serta menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari.

4. Faktor Medis

Nah, ini juga perlu diperhatikan. Terkadang, munculnya keringat berlebih merupakan tanda dari beberapa penyakit, seperti diabetes. Para penderita diabetes tingkat tinggi biasanya mengalami kesulitan dalam mengontrol gula darah. Untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Hasil proses tersebut akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak.

5. Gangguan Genetik

Selain faktor eksternal, ada juga beberapa faktor genetik yang menyebabkan timbulnya bau badan tak sedap. Salah satunya adalah trimethylaminuria. Penyakit genetik langka ini merupakan kondisi gangguan metabolisme yang menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa kimia trimethylamine. Senyawa tersebut tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga menimbulkan bau badan tak sedap, meskipun badan tidak dalam kondisi berkeringat. Bau badan jenis ini tidak dapat diatasi hanya dengan mandi dan membersihkan diri. Bahkan, dalam dunia medis sekalipun, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Meski hanya dialami oleh 1 dari 200 ribu orang, tapi rata-rata penderita penyakit genetik ini adalah wanita.

sumber:vemale.com
loading...

ADS

Udah Tampil "Modis Dan Trendy" Tapi Cowok Pada "Ngacir" Karena Kamu Bau, Inilah 5 Penyebab Bau Badan Pada Wanita,Nomer 2 Sering Gak Diperhatiin.
4/ 5
Oleh

loading...