Perhatikan Mata Kamu. Kalau Ternyata Dimatamu Ada Yang "Seperti Ini", Jangan Sampai Telat Pergi Ke Dokter!!

Perhatikan Mata Kamu. Kalau Ternyata Dimatamu Ada Yang "Seperti Ini", Jangan Sampai Telat Pergi Ke Dokter!!

loading...
loading...

9Trendingtopic - Tiba-tiba penglihatanmu terasa ada yang mengganggu? seperti bayang-bayang di depan mata. Mungkin di suatu kondisi, mata kita lelah harus rehat. Namun jika habis beristirahat, masih tak nyaman. Bisa disimpulkan kamu mengalami gangguan mata.

Kalo kamu ngalamin salah satu tanda berikut, jangan abaikan. Nih ketahui lebih banyak biar kamu nggak panik.


1 Bintik putih pada kornea mata
Ini adalah masalah yang cukup umum ditemukan pada banyak orang yang memakai contact lens. Bintik putih ini mungkin adalah sebuah tanda kalau kornea sedang terinfeksi. Bisa jadi, luka kecil pada mata yang disebabkan pemakaian contact lens akan menyebabkan infesi seperti ini yang kemudian merembet pada ulkus corneral. Mereka yang memakai contact lens yang kadaluarsa atau dalam waktu yang sangat lama sangat beresiko mengami hal ini.

2 Lingkaran putih di sekitar iris mata
Ganguan ini biasanya terjadi pada orang tua yang merupakan tanda dari penuaan. Ini bukan alasan untuk dikhawatirkan. Tapi jika terjadi pada kamu yang masih berusia muda, lingkaran putih di iris mata menandakan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi. Ini berarti sebuah peringatan terhadap resiko serangan jantung atau stroke.

3 Mata Merah
Penyebab mata merah mungkin kurang tidur. Bekerja lama yang membutuhkan kinerja mata atau karena paparan angin dan sinar matahari juga bisa mengakibatkan mata merah. Jika mata memerah tanpa alasan khusus, ini bisa menandakan kalau badan sendang mengalami peningkatan tekanan intraokular (glaukoma), tekanan intakranial tinggi dan diabetes.


4 Mata kering
Mata yang kering menyebabkan ketidak nyamanan dan gatal. Kalo udah kayak gini biasanya tangan gatal untuk mengucek-kucek ata sehingga mengakibatkan kerusakan pada kulit halus pada mata. Ini akan mengakibatkan keriput pada kelopak mata. Penyebab paling umum dari gatal pada mata adalah alergi musiman. Namun jika mata mengalami kekeringan yang berlebihan dan disertai dengan peningkatan kepekaan terhadap cahaya, hal ini bisa jadi mengindikasikan sindrom Sjogjren, sebuah kelaianan sitem kekebalan tubuh yang langka.

5 Bintik-bintik tanpa warna di depan mata
Bintik-bintik tak berarturan ini akan terlihat dengan latar belakang langit cerah, salju yang menyilaukan atau pada dinding putih yang terang. Seiring berjalannya waktu, kalau kamu melihat ini lebih sering, semakin tajam dan jumlahnya yang meningkat, ini mungkin adalah sebuah adanya robekan retina atau detasemen.

6 Mata merah bengkak
Ini adalah konsekuensi dari kelelahan dan kurang tidur. Namun kadang ini juga jadi tanda dari infeksi pada mata. Gejala ini juga bisa muncul karena terlalu sering memakai obat tetes mata dengan efek pemutih. Penggunaan jangka panjang memiliki nilai bahaya lebih banyak dibandingkan dengan kebikan.

7 Kekuningan di dekat iris mata
Beberapa orang terlihat memiliki mata dengan area kekuningan atau benjolan di mata putih yang disebut pinguecula. Ini adalah tanda penuaan konjungtiva dan ditemukan pada orang tua. Selain itu, perkembangan penyakit ini dikarenakan sinar UV yang terjadi pada orang yang sering menghabisakan waktu di bawah sinar matahari.

8 Air mata yang keluar dengan sendirinya
Air mata yang tiba-tiba keluar tanpa sebab ini pertanda mata sedang kering. Dengan semikian mata butuh kelembapan sehingga menyebabkan air mata kelura tiba-tiba. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang menghabiskan waktu di depan komputer atau TV dalam jangka panjang. Nah kalau hal ini disertai dengan kesulitan menutup mata dan membuat air mata keluar tak terkontrol, itu artinya gejala kelumpuhan saraf yang mengendalikan otot wajah. Ini juga bisa terjadi karena komplikasi setelah infeksi virus.

9 Titik gelap kecil dengan latar belakang garis bergelombang yang kerlap-kerlip
Gejala ini mungkin mengindikasikan sirkulasi otak yang buruk. Penyebab paling umum adalah penuaan. Namun bagi otang uang mengalami ganguan metabolisme tubuh, seperti diabetes, gangguan vaskular dan meraka yang sedang diet ketat memiliki resiko ini.

10 Sebuah objek yang hilang saat memandang sesuatu
Sebuah objek yang hilang saat memandang sesuatu
Kalau kamu melihat objek yang hilang di area tertentu, bitu artinya kamu mengalami migrain mata. Itu bisa jadi disertai dengan sakit kepala akibat gangguan peredaran otak. Tidak ada penjelasan pasti mengenai hal ini, namun hingga kini juga belum ada metode pengobatnnya.

11 Penglihatan kabur
Miopi bukanlah satu-satunya alasan mengapa penglihatan kabur, ini bisa jadi tanda diabetes. Jika selain penglihatan yang kabur kamu juga lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya, ini kemungkinan adalah indikasi dari katarak.

12 Mata putih kekuningan
Hal ini paling sering diindikasikan sebagai penurunan fungsi hati dan empedu. Kerutan bisa jadi gejala utama hepatitis.

Jika kamu mengalami satu dari 12 ganguan mata ini, tak ada salahnya untuk berkunjung ke dokter dan memeriksa kondisi badanmu.

sumber:keepo.me
loading...

ADS

Perhatikan Mata Kamu. Kalau Ternyata Dimatamu Ada Yang "Seperti Ini", Jangan Sampai Telat Pergi Ke Dokter!!
4/ 5
Oleh

loading...